Mata kuLiah Praktikum IPA3
Diskripsi
Aspek Kognitif
1.
Kedatangan siswa
a. Siswa
datang lebih dari 10 menit
b. Siswa datang antara 5 menit smpai tepat 10 menit
c. Siswa datang tepat 0 menit sampai
tepat 5 menit
d. Siswa datang tepat waktu yang ditentukan
2.
Perhatian siswa
a. Siswa bermain sendiri dan tidak memperhatikan guru
b. siswa tidak memperhatikan guru dan bicara, bermain sendiri yang
mengganggu temannya
c. Siswa memperhatikan pelajaran, tetapi tidak mau mengerjakan tugas
d. Siswa memperhatikan pelajaran dan mengikuti apa yang diperintahkan guru
3.
Kerjasama
a. Siswa
tidak bekerjasama dan tidak menghargai pendapat teman
b. Siswa
tidak bekerjasama tetapi menghargai pendapat teman
c. Siswa
bekerjasama tetapi tidak memberikan pendapat
d. Siswa
bekerjasama dan memberikan pendapat
4.
Percaya diri
a. Siswa
tidak percaya diri saat mengemukakan pendapat dan tampil di depan kelas
b. Siswa
kurang percaya diri saat mengemukakan pendapat dan tampil di depan kelas
c. Siswa percaya diri saat mengemukakan pendapat di depan kelas namun tidak
berdiri tegak
d. Siswa
percaya diri saat mengemukakan pendapat dan tampil di depan kelas
5.
Kebersihan dan Kerapian
a. Siswa
berpakaian tidak rapi dan tidak bersih
b. Siswa
berpakaian rapi tetapi kotor
c. Siswa berpakain rapi tetapi tidak menjaga kebersihannya
d. Siswa berpakaian rapi dan bersih
6.
Tanggung Jawab
a. Siswa
tidak bertanggung jawab terhadap tugas kelompok dan tugas individu
b. Siswa
tidak bertanggung jawab terhadap tugas kelompok
c. Siswa
tidak bertanggung jawab terhadap tugas individu
d. Siswa
bertanggung jawab terhadap tugas individu dan tugas kelompok
7.
Keaktifan
a. Siswa
tidak pernah bertanya dan tidak pernah ikut serta menjawab pertanyaan
b. Siswa
tidak pernah bertanya dan ikut serta menjawab pertanyaan
c. Siswa
aktif bertanya tetapi jarang ikut menjawab pertanyaan
d. Siswa
aktif bertanya dan ikut serta menjawab pertanyaan
8.
Kejujuran
a. Siswa
tidak jujur dalam mengerjakan tugas dan ujian (mencontek)
b. Siswa
terkadang jujur namun siswa tidak mau berusaha dalam mengerjakan tugas dan
ujian
c. Siswa
terkadang jujur namun siswa sudah mulai berusaha dalam mengerjakan tugas dan
ujian
d. Siswa
jujur dan berusaha mengerjakan tugas serta ujian dengan kemampuannya sendiri
Diskripsi Aspek Psikomotorik
1. Terampil dan kehati-hatian dalam menggunakan alat peraga
a. Siswa
tidak berhati-hati dan tidak dapat menggunakan alat peraga
b. Siswa
tidak berhati-hati namun belum dapat menggunakan alat peraga
c. Siswa
berhati-hati namun belum dapat menggunakan alat peraga dengan tepat
d. Siswa
mampu berhati-hati dan dapat menggunakan alat peraga dengan tepat
2.
Terampil dalam merangkai alat
a. Siswa
tidak dapat merangkai alat peraga dengan benar
b. Siswa
kurang mampu dalam merangkai alat peraga
c. Siswa
dapat merangkai alat peraga tetapi tidak rapi
d. Siswa
dapat merangkai alat peraga dan rapi
3.
Terampil dalam menginterpretasikan data
a. Siswa
tidak dapat mengolah data dengan baik dan jelas
b. Siswa kurang
mampu mengolah data dengan baik
c. Siswa
dapat mengolah data tetapi data tidak mudah terbaca
4. Terampil dalam membuat laporan hasil observasi/penelitian
a. Siswa belum mampu membuat laporan hasil observasi/penelitian
b. Siswa belum mampu membuat laporan hasil observasi/penelitian dengan
kualitas isi yang baik dan tidak terperinci
c. Siswa mampu membuat laporan hasil observasi/penelitian dengan kualitas
isi yang baik namun kurang terperinci
d. Siswa mampu membuat laporan hasil observasi/penelitian dengan kualitas
isi yang baik dan terperinci
5. Terampil dalam mengkomunikasikan hasil observasi/penelitian/percobaan
dibandingkan dengan kajian teori
a. Siswa belum mampu mengkomunikasikan hasil observasi/penelitian/percobaan
antar teman dalam kelompok kecil (diskusi kelompok)
b. Siswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi/penelitian/percobaan dalam
kelompok besar (diskusi kelas) tetapi belum mampu menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
c. Siswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi/penelitian/percobaan dalam
kelompok besar (diskusi kelas) dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan
d. Siswa mampu mengkomunikasikan hasil observasi/penelitian/percobaan dalam
kelompok besar (diskusi kelas) dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan serta mempertahankan pendapatnya